Beranda | Artikel
Beasiswa Perpustakaan al-Mubarok
Rabu, 16 Juni 2021

Bismillah…

Alhamdulillah dengan taufik dari Allah dan pertolongan-Nya, Wisma al-Mubarok hingga saat ini masih diberikan kemudahan untuk membuka pelajaran bahasa arab dan baca kitab untuk dasar dan menengah. Untuk mewadahi kegiatan belajar inilah dibentuk Perpustakaan al-Mubarok yang menempati salah satu ruang di Wisma al-Mubarok 1.

Wisma ini berada di Dukuh Ngebel RT 7 Kelurahan Tamantirto Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul yang berada di kawasan belakang Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Alhamdulillah pelajaran yang dibuka bisa diikuti oleh berbagai kalangan; mahasiswa, pelajar, karyawan, pengusaha, dan bahkan sempat juga diikuti oleh dosen. Pelajaran yang paling banyak diikuti adalah pelajaran nahwu dasar dengan membahas kitab al-Muyassar. Dengan ilmu ini diharapkan peserta mendapatkan kemampuan dasar untuk bisa membaca kitab ulama. Selain tentu saja untuk memahami ayat al-Qur’an dan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dalam perjalanan kegiatan belajar mengajar kami terkadang menemui bahwa sebagian peserta mengalami kendala seputar pembiayaan/pembayaran SPP untuk program belajar ini. Walaupun sebenarnya SPP ini tidak diberlakukan untuk setiap materi pelajaran. Untuk kelas baca kitab pada umumnya kami tidak menarik biaya SPP dari para peserta. Hal ini tentu saja demi memberikan kemudahan bagi peserta dalam belajar dan mendalami ilmu agama.

Di sisi lain, kami juga memiliki tugas untuk merintis kegiatan dakwah untuk masyarakat yang dikelola oleh rekan-rekan pengurus/takmir Masjid Jami’ al-Mubarok YAPADI Yogyakarta yang berlokasi di Dukuh Donotirto Kelurahan Bangunjiwo Kapanewon Kasihan yang berjarak kurang lebih 1,5 km arah barat daya Kampus UMY. Diantara kegiatan dakwah yang dijalankan adalah kajian, TPA, khutbah, perawatan sarana masjid, pembangunan fasilitas masjid, dsb.

Dari sana lah muncul ide untuk membuka program beasiswa perpustakaan al-Mubarok ini. Program beasiswa ini adalah program donasi yang terbuka bagi muhsinin/donatur dari mana pun yang ingin membantu kegiatan belajar mengajar di Perpustakaan al-Mubarok maupun kegiatan dakwah di Masjid Jami’ al-Mubarok (MJM). Besar donasi bebas dan frekuensinya pun diserahkan kepada para donatur sesuai dengan kelapangannya masing-masing.

Jadwal Kegiatan Belajar

Sebagai informasi, diantara jadwal pelajaran yang telah dan akan berjalan di Perpustakaan al-Mubarok secara rutin insya Allah antara lain sebagai berikut :

Kelas Baca Kitab :

  1. Selasa dan Kamis ba’da maghrib : Fathul Qawil Matin (Syarah Hadits Arba’in)
  2. Selasa dan Sabtu Pkl. 16.00 WIB – selesai : Syarh Qawa’id Arba’ (Aqidah)
  3. Jum’at dan Sabtu Pkl. 06.00 WIB – selesai : at-Tamhid li Syarh Kitab Tauhid (Tauhid)
  4. Sabtu Pkl. 19.30 WIB – selesai : Fathul Qawil Matin (kelas baru)
  5. Ahad Pkl. 08.30 WIB – selesai : Ithaf Dzawil Uqul Rasyidah (Aqidah)
  6. Ahad Pkl. 16.00 WIB – selesai : Ibthal at-Tandid bi Ikhtishar Syarh Kitab Tauhid
  7. Senin dan Jum’at ba’da maghrib : Syarh Fadhlul Islam (Aqidah)
  8. Ahad ba’da maghrib : Ma’alim Manhaj Ahlis Sunnah (Manhaj)

Kelas Bahasa Arab :

  1. Senin – Kamis Pkl. 07.00 WIB – selesai : al-Muyassar fi ‘Ilmi an-Nahwi Jilid 1 (Nahwu)
  2. Senin dan Rabu Pkl. 16.00 WIB – selesai : Mukhtarot (Shorof)
  3. Rabu dan Jum’at Pkl. 19.30 WIB – selesai : Tuhfatus Saniyah (Nahwu)
  4. Kamis dan Jum’at Pkl. 16.00 WIB – selesai : Mulakhosh Qawaid Lughoh (Nahwu)
  5. Sabtu dan Ahad Pkl. 07.00 WIB – selesai : Mukhtarot (Shorof)
  6. Sabtu Pkl. 09.00 WIB – selesai : at-Tashil (Nahwu)

Rekening Donasi :

Bagi kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dalam program kebaikan dan amal jariyah ini bisa mengirimkan donasi/santunan beasiswa melalui rekening :

Bank Syariah Indonesia (kode 451)

No rekening : 711 819 4537

Atas nama : Yayasan Pangeran Diponegoro

Dengan mengkonfirmasi donasinya (wajib) ke no wa : 0853 3634 3030 (admin)

Dengan format : Nama/donasi beasiswa/jumlah/tanggal transfer

Dengan menyertakan bukti transfer

Demikian sekilas informasi sekaligus ajakan kepada kaum muslimin mudah-mudahan bisa memberikan dorongan bagi kita untuk meningkatkan amal salih dan ikut serta mendukung kegiatan dakwah untuk kemajuan Islam dan kaum muslimin. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

6 Dzulqa’dah 1442 H / 17 Juni 2021

Perpustakaan al-Mubarok

Pengelola : Ari Wahyudi, S.Si.

Pembina Wisma al-Mubarok : Windry Atmoko, M.Acc.

Ketua Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI): dr. Desin Pambudi Sejahtera, M.Sc. Sp.S (K)

Ketua Dewan Pembina YAPADI : Ust. Ahmad Mz. S.S.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/beasiswa-perpustakaan-al-mubarok/